Headlines News :
Home » , » Andai Semua Desa Indonesia Seperti Desa Penglipuran, Bali Yang Asri,Bersih dan Menawan

Andai Semua Desa Indonesia Seperti Desa Penglipuran, Bali Yang Asri,Bersih dan Menawan

Written By Unknown on Sunday, February 16, 2014 | 11:05 AM

Desa Adat Penglipuran Kabupaten Bangli, Bali (travel.detik.com)

Desa Adat Penglipuran yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali, selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Saking asri, bersih dan indahnya desa adat Penglipuran, banyak dari Pemda lain pun sering datang untuk belajar membangun desa wisata. Desa ini wajib dikunjungi jika berlibur ke Bali.

(Budi Sugiharto/detikTravel)
Kata Penglipuran berasal dari kata 'Pengeling Pura'. Nama ini berarti tempat suci untuk mengenang para leluhur. 

Desa ini memiliki jalan utama yang tidak boleh di lintasi kendaraan kecuali sebelum pukul 09.00 Wita pagi dan di atas pukul 17.00 Wita.

Kehidupan masyarakat di desa adat ini cukup sederhana. Para turis tak akan melewatkan berkunjung ke Desa Panglipuran bila wisata ke Bali.


Di belakang desa adat wisata ini terdapat hutan bambu. Hal ini membuat Desa Penglipuran semakin asri dan ramah lingkungan.


Lingkungan desa wisata ini cukup bersih dan asri. Desa Panglipuran adalah salah satu desa di Bali yang sampai saat ini setia menganut adat istiadat.

Desain rumah tetap menggunakan konsep rumah rumah adat Bali. Yaitu, tiap rumah memiliki fungsi sendiri-sendiri.


Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengajak kepala desanya mengunjungi Desa Panglipuran. Mereka belajar mengembangkan desa adat menjadi tujuan wisata.


Meski terdapat selokan di jalan utama desa namun warga dilarang membuang limbah ke selokan tersebut. Setiap rumah memiliki saluran pembuangan yang tidak bertumpu ke selokan utama tersebut.

Desa Penglipuran menyiapkan pemandu wisata untuk wisatawan. Di desa tersebut masih diberlakukan hukum adat bila ada warga yang melanggar aturan.

Well, apakah anda tertarik untuk pergi liburan ke Desa Adat Penglipuran? Mungkin, sebagai alternatif liburan anda masa yang akan datang. Sumber )
Share this post :

Post Comment

+ komentar + 2 komentar

Anonymous
February 17, 2014 at 7:42 AM

Kalo seluruh desa di indonesia dibuat begitu gimana yah?.....

February 17, 2014 at 8:19 AM

Ya menjadikan Indonesia negara paling Indah... :(

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1