Headlines News :
Home » , , , , , » Menjaga Keseimbangan Alam Lewat Upacara “Ngelawang”

Menjaga Keseimbangan Alam Lewat Upacara “Ngelawang”

Written By Unknown on Friday, July 4, 2014 | 8:09 AM

Upacara "Ngelawang" di Catus Pata (Balipost.com)
DENPASAR, DUMAI- Seiring dengan Rerainan Kajeng Kliwon Ratu Anom, Ratu Gede dan Ratu Ayu yang berstana di Pura Dhang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka Desa Pemecutan Kaja, menggelar upacara ngelawang di Catus Pata atau Perempatan Agung Catur Muka, Senin (30/6).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan menetralisir berbagai aura negatif  dan virus penyakit yang berkembang belakangan ini. Pangemong Pura Dhang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka, Ir I Gusti Ketut  Nila mengatakan, selain menyeimbangkan alam, upacara ngelawang ini dilakukan berdasarkan pawisik Ida Ratu Gede Anom yang berstana di Pura Dhang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka,  Linggih Ida Betara Dangyhang Dwijendra yang Piodalannya bertepatan dengan  Purnamaning Kelima. 

Seperti yang telah terjadi, dewasa ini banyak umat dan masyarakat setempat terkena berbagai penyakit aneh dan virus berbahaya, namun secara medis dinyatakan penyakit demam berdarah.


“Kalau dikatakan demam berdarah, namun trambositnya masih 150 dan dikatakan masih  normal. Dari pawisik itulah dilaksanakan upacara ngelawang di Catus Pata, agar terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif,” katanya seperti dilansir Balipost.com, Jum’at (4/7).
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1