Headlines News :
Home » , » Indonesia Kini Tertinggal Dari Timor Leste Gara-Gara BBM Subsidi

Indonesia Kini Tertinggal Dari Timor Leste Gara-Gara BBM Subsidi

Written By Unknown on Thursday, July 3, 2014 | 9:37 AM

bisnis.news.viva.co.id
JAKARTA, DUMAI- Tidak ada yang menyangka negara yang dulunya bagian dari Indonesia, yakni Timor Leste, dewasa ini perekonomiannya telah menyalip Indonesia. Timor Leste telah mengalahkan Indonesia dalam hal pendapatan masyarakat per kapita.

"Berdasarkan data World Bank 5 Maret 2014, pendapatan per kapita rakyat Indonesia berada di urutan 137 dunia dengan US$ 3.420 per kapita per tahun. Namun ternyata Timor Leste justru berada di urutan 133, melewati Indonesia dengan pendapatan US$ 3.620 per kapita per tahun," papar pengamat ekonomi Universitas Indonesia Faisal Basri ditemui di Hotel Sahid, seperti dilansir detik.com, Rabu (2/7/2014) malam.

Bahkan untuk dana jaminan sosial untuk rakyat miskin, lagi-lagi Timor Leste jauh lebih baik daripada Indonesia. "Dana social protection Timor Leste itu 5,9% dari PDB (produk domestik bruto) mereka. Indonesia hanya 1,2% dari PDB. Kalah kita sama Timor Leste, bayangkan," sebutnya.


Faisal menegaskan, bisa disalipnya ekonomi Indonesia oleh Timor Leste salah satunya karena subsidi bahan bakar minyak (BBM). "Ini efek subsidi BBM yang makin menggerogoti APBN kita. Di Timor Leste tidak ada namanya BBM bersubsidi," tuturnya.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1