Headlines News :
Home » , , » Ratusan Cerita Rakyat Bali Dapat Dibaca Melalui EBook

Ratusan Cerita Rakyat Bali Dapat Dibaca Melalui EBook

Written By Unknown on Friday, July 4, 2014 | 1:14 PM

Ilustrasi Ebook (beritabali.com)
DENPASAR, DUMAI- Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern, Provinsi Bali kini meluncurkan cerita rakyat Nusantara yang dipublikasikan melalui Qbaca dalam bentuk eBook. Dari 1001 buku digital cerita rakyat Nusantara yang ada, Bali memberikan kontribusi terbanyak.

Cerita rakyat dalam 1001 buku digital cerita Nusantara itu disponsori oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Executive General Manager Divisi Solution Convegence PT Telkom, Achmad Sugiarto menyatakan pihaknya kini tengah berupaya mengumpulkan cerita rakyat Nusantara yang dipublikasikan melalui Qbaca dalam bentuk eBook.

"Saat ini sebanayak 300-an buku yang sudah dipublikasikan. Itu bisa diakses secara gratis. Bali penyumbang terbesar cerita rakyat Nusantara itu," ujar Sugiarto di Denpasar seperti dilansir Beritabali.com, Jum’at (3/7).

Pria yang akrab disapa Anto ini mengaku dari hasil koordinasi dengan Pemerintah Bali, ternyata Bali menyimpan hampir 1.000 judul cerita rakyat. Ia melanjutkan, dalam eBook Qbaca ini terdapat cerita rakyat dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Semua cerita lokal dari Bali. Sudah 130 -an buku yang dipublikasikan. Sementara 70 buku masih dalam proses aploud. Kami bekerjasama dengan Ikatan Penerbit Indonesia. 34 provinsi di Indonesia ada cerita rakyatnya," jelasnya.

Ia berharap dengan digitalisasi cerita rakyat ini maka seluruh lapisan masyarakat mudah mengakses cerita rakyat dari berbagai provinsi.

"Kita ingin orang mudah mengakses. Itu sebabnya arsip konvensional didigitalkan. Apalagi dari pantauan kami, cerita rakyat di perpustakaan hanya ada 1 buku, tidak ada soft copy-nya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Bali, Ni Luh Gede Haryani mengaku menyambut gembira apa yang tengah dilakukan Telkom. Ia berharap agar anak-anak rajin membaca, tahu perkembangan dunia, dan sehingga wawasan dan minat membaca warga meningkat.


"Ada 800 buku langka yang sudah kami kumpulkan. 607 akan segera dilounching cerita rakyat di Bali. Dan 153 sudah dilounching. Sisanya masih menunggu persetujuan dan negosiasi dengan pihak keluarga penerbit agar tak jadi masalah di kemudian hari," tandasnya.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1