Headlines News :
Home » » Hari Guru Momentum Tingkatkan Nasionalisme

Hari Guru Momentum Tingkatkan Nasionalisme

Written By Unknown on Monday, November 25, 2013 | 9:25 AM

Logo PGRI
Menurut kalender nasional, Hari Guru Nasional dirayakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang jatuh tepat hari ini pada tanggal 25 November. Meskipun Hari Guru Nasional bukanlah hari libur resmi, namun keberadaannya senantiasa dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. 

Hari guru telah menimbulkan bermacam rasa bangga bagi kita masyarakat Indonesia. Rasa bangga yang muncul karena guru dewasa ini telah mempunyai beberapa keistimewaan seperti syarat pendidikan yang layak, tunjangan keuangan yang memadai dengan adanya sertifikasi, penunjang profesionalisme yang mumpuni seperti komputer, laptop maupun internet. 
  

Kita melihat bahwasanya dewasa ini banyak para siswa yang telah mencapai kemajuan dalam tingkat pendidikannya, namun disatu sisi semakin banyaknya informasi yang beragam telah membuat mereka kurang menghargai peran guru. Salah satu contoh nyata tentang kurangnya rasa hormat siswa terhadap guru adalah dengan maraknya tawuran pelajar. Hampir di semua kota yang ada di Indonesia kita melihat tawuran pelajar ini bagaikan menu utama yang tersaji diberbagai media, yang tentu saja sangat menyedihkan bagi para guru dan kita sebagai masyarakat Indonesia. 

Profesi guru sebenarnya adalah profesi yang sangat mulia baik dalam filsafat nusantara kuno maupun dalam filsafat modern dewasa ini. Pada masa pergerakan kemerdekaan peran para guru sangat dominan dalam membentuk benih-benih nasionalisme yang anti penjajahan. Terbentuknya Perguruan Muhammadiyah pada tahun 1911, terbentuknya perguruan Taman Siswa pada tahun 1922 yang tidak mau bekerjasama dan tunduk pada pemerintah Belanda telah menjadikan para guru lebih mempunyai pikiran merdeka.  

Benih-benih nasionalisme ini kemudian diwujudkan dengan membentuk Persatuan Guru Indonesia pada tahun 1932 yang tentu saja sangat tidak disukai karena nama Indonesia waktu itu sangat dibenci pihak Belanda. Demikian juga pada masa kemerdekaan dimanya pada na 100 hari setelah proklamasi tepatnya pada tanggal 25 Nopember 1945, para guru membentuk Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang bertujuan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Oleh karena itu, pada hari guru sekarang ini kita wajib saling mengingatkan bahwasanya peran guru adalah sangat penting dalam pembentukan kepribadian, kecerdasan yang sesuai dengan semangat nasionalisme yang telah menjadi fondasi dalam pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia sehingga anak didik menjadi manusia Indonesia yang cedas, berkebangsaan dan berakhlak mulia. Selamat Hari guru Indonesia, semoga maknanya akan lebih dirasakan oleh semua masyarakat Indonesia. (WPW)
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1