Headlines News :
Home » » Doakan Bali agar Terhindar Bencana, Pura Batur Gelar Upacara Bumi Sudha

Doakan Bali agar Terhindar Bencana, Pura Batur Gelar Upacara Bumi Sudha

Written By Unknown on Wednesday, December 24, 2014 | 9:18 AM

BANGLI, DUMAI – Demi upaya mencegah adanya bencana yang kemungkinan melanda Bali, pengempon Pura Ulun Danu Batus, Bangli, Minggu (21/12) lalu menggelar upacara Bumi Sudha. Upacara dipimpin pemangku setempat, disaksikan Jero Gede Batur Alitan, Jero Gede Batur Duuran, Wakil Gubernur Bali Drs Ketut Sudikerta, beserta rombongan SKPD Pemprov Bali. 
Ilustrasi (www.tanpakendali.com)
Menurut Jero Gede Batur Alitan, upacara Bumi Sudha merupakan upacara pembersihan bumi dari kemungkinan adanya bencana yang bisa saja melanda Bali. Hal ini ditandai dengan munculnya beberapa fenomena yang terjadi khususnya di tiga pura yang menjadi penunjang utama kesakralan utama pulau Bali.

Jero Gede menyebutkan di Pura Lempuyang, Karangasem yang beberapa kali menelan korban pemedeknya, karena digigit kera yang menghuni kawasan Lempuyang. Demikian pula di Pura Besakih, Karangasem, yang sempat terjadi penusukan hingga darah manusia menetes di pura yang disucikan tersebut.

“Khusus untuk pura Batur, kami sempat dilecehkan oleh seorang warga desa tetangga, melalui media sosial facebook yang kemudian berujung laporan ke polisi,” tutur Jero seperti dilansir Beritadewata.com, Rabu (24/12).

Karena kasus itulah, Jero Gede Batur Alitan setelah berkoordinasi dengan PHDI dan MUDP (Majelis Utama Desa Pakraman) Provinsi Bali, sepakat menggelar Bumi Sudha di Pura Ulun Danu Batur. Selain di Ulun Danu Batur, upacara serupa juga digelar di Pura Lempuyang, Pura Besakih dan Pura Watu Klotok.

Dengan digelarnya Bumi Sudha, tambah Jero Gede Batur, diharapkan terjadi harmonisasi di dunia, sehingga Bali bisa terhindar dari bencana. Hal ini menjadi antisipasi umat yang percaya dengan kekuatan Ida Sang Hyang Widi Wasa.




Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1