Headlines News :
Home » , , , » Upacara Agni Horta di Keraton Surakarta Agar Pamor Keraton Lebih Baik Kedepannya

Upacara Agni Horta di Keraton Surakarta Agar Pamor Keraton Lebih Baik Kedepannya

Written By Unknown on Monday, June 2, 2014 | 6:44 AM

KGPH Puger saat berdoa bersama setelah upacara Agni Horta
 (Foto Maksum N F)
SOLO, DUMAI- Kangjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, menyatakan rasa terharunya, saat Keraton Surakarta didoakan 8 orang Ida Pedande se-Bali dalam ritual Agni Horta, Sabtu (31/5/2014) siang, di Pendapa Magangan Keraton Surakarta.

Menurut Pengageng Putra Sentana Keraton Surakarta yang akrab dipanggil Gusti Puger tersebut, dengan doa tersebut dirinya berharap kondisi Keraton Surakarta akan lebih baik ke depannya, dan bisa kembali lagi bersinar lagi pamornya.

Karena Keraton Surakarta sebagai sebuah negara, dulu merupakan pengayoman bagi masyarakat. Beberapa hari sebelumnya, Gusti Puger juga melakukan doa bersama untuk keselamatan bangsa bersama 15 ribu jemaah, yang dipimpin Habib Muhammad Syafi’i bin Edrus Alaydrus di Masjid An Nuur Karanganyar.

“Jadi tidak aneh, jika semua yang berniat baik bagi masyarakat dan bangsa, pasti mendapat tempat istimewa di Keraton. Semoga dengan pelaksanaan Agni Horta ini, semua hal buruk bisa menyingkir, dan kedamaian bisa menyertai kita semua,” ungkap Gusti Puger seperti dilansir soloblitz.co.id, Senin (2/6).

Senada, budayawan gaek Suprapto Suryodarmo, atau kerap disapa Mbah Prapto yang juga turut menghadiri prosesi Agni Horta, berharap semoga ke depan Keraton Surakarta bisa kembali lagi memainkan peranannya, sebagai pengayom adat, budaya, kesenian, dan spiritual di Indonesia.


“Saya optimistis, jika Keraton Surakarta akan kembali lagi di masa gemilang sebagai pengayom adat, budaya, dan spiritual bangsa ini. Sehingga kedamaian dan kesejahteraan itu akan kembali kita rasakan di negeri ini,” harapnya.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1