Headlines News :
Home » , » Pulau Bali Akan Bangun Arca Dewata Nawasanga

Pulau Bali Akan Bangun Arca Dewata Nawasanga

Written By Unknown on Sunday, February 23, 2014 | 6:40 PM

Dewata Nawa Sanga
DENPASAR, DUMAI- Maestro seni lukis asal Klungkung Nyoman Gunarsa ikut berpartisipasi menyampaikan aspirasinya pada acara Simakrama Gubernur Bali yang digelar di Gedung DPRD Provinsi Bali, Renon, Denpasar tentang banyaknya pembahasan mengenai arca, yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan, seperti dilansir Suluhbali.co, Sabtu (22/2).

“Saya sebagai Perupa dan Seniman menginginkan bagaimana caranya agar Bali ini dikunci dengan apa yang telah menjadi filsafat Dewata Nawasanga,” ujarnya.

Ia meminta agar Bali dibuatkan arca atau monument di empat lokasi atau penjuru, antara lain di Benoa yang merupakan arah selatan dari Bali agar dibuatkan arca Brahma, di Bali utara atau Buleleng agar dibuatkan arca Wisnu, di arah bagian timur yakni di Padang Bai agar dibuatkan arca Siwa/iswara, dan Bali Bagian Barat yakni Gilimanuk agar dibuatkan arca Mahadewa.

“Jadi ini sangat penting untuk masyarakat kita di Bali yang mayoritas beragama hindu, karena disetiap arah diyakini memiliki Dewa masing-masing ,” katanya.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyambut baik pernyataan dari Nyoman Gunarsa tersebut.

“Menurut saya memang sangat perlu dilaksanakan, bagaimana mengunci Bali dengan Dewata Nawasanga itu merupakan suatu hal yang patut untuk kita tindak lanjuti, jadi saya sangat setuju akan hal tersebut,” ujar Pastika.

Pastika juga menyampaikan hal tersebut harus dibicarakan misalnya dengan diadakan seminar terlebih dahulu, dan meminta agar Nyoman Gunarsa menjadi Nara Sumber dalam seminar tersebut dengan membawa konsep dan lain sebagainya, agar pelaksanaan pembuatan arca tersebut dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

“Hal ini harus kita bahas dulu dan perlu kita buatkan seminar karena ini juga kita akan mendengarkan pendapat dari banyak orang karena menyangkut Bali dan bukan main-main karena menyangkut daripada kepercayaan, jadi harus dibicarakan secara mendalam agar tidak serta-merta,” jelasnya.

Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1