Headlines News :
Home » , , , » KPU Bali Hapus Kampanye Terbuka Demi Hormati Hari Raya Nyepi

KPU Bali Hapus Kampanye Terbuka Demi Hormati Hari Raya Nyepi

Written By Unknown on Tuesday, February 18, 2014 | 12:22 PM

Para simpatisan Parpol saat kampanye terbuka (www.republika.co.id)
DENPASAR, DUMAI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali akhirnya  menghapus kegiatan kampanye terbuka pemilu legeslatif (pileg) selama tahapan perayaan Hari Raya Nyepi, 30 Maret- 1 April  mendatang.

"Kami sudah usulkan ke KPU Pusat agar kampanye terbuka dan kampanye rapat umum di Bali ditiadakan saat rangkaian perayaan Nyepi. Semoga dalam beberapa hari ini kami sudah mendapat jawaban," kata Ketua KPU Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandhi disela acara sinergitas penyelenggara Pemilu di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali seperti dilansir balipost.com, Senin (10/2) pagi.

Dikatakan, usulan penghapusan kampanye terbuka dan kampanye rapat umum di Bali didasari atas pemikiran untuk memberi kesempatan dan menghormati umat Hindu merayakan Nyepi. Selain itu, menghindari potensi konflik dan ternodainya pelaksanaan Nyepi oleh permasalahan politik.

Penghapusan ini dipastikan berdampak pada pengaturan jadwal kampanye parpol. Dia berharap, parpol bisa memahami kondisi ini.

Sementara itu, Ketua PHDI Bali Gusti Ngurah Sudiana mengatakan, pemilu adalah yadnya sehingga harus dipastikan berjalan aman, damai lancar dan tidak mengganggu aktivitas keagamaan di Bali, khususnya perayaan Nyepi.

"Parpol harus menahan diri dan bijaksana. Jangan sampai mengganggu aktivitas keagaaman di Bali," tegasnya.


Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1