Headlines News :
Home » » Pura Suci di Atas Tebing

Pura Suci di Atas Tebing

Written By Unknown on Thursday, November 7, 2013 | 6:40 AM

Pura Pulaki, Bali
Pura Agung Pulaki adalah salah satu pura dengan aura religius yang ditemani keindahan alam memukau. Lokasinya berada di atas tebing berbatu menghadap langsung ke laut dengan pemandangan sekitanya menawan dan berlatar belakang bukit berbatu terjal.

Pura Pulaki dibangun di atas tebing berbatu dan menghadap ke laut. Lingkungan Pura ini kelihatan sangat agung dan kering. Kera-kera yang hidup di sekitar pura ini, sering berkumpul di halaman pura karena adanya makanan yang diberikan oleh para pengunjung, menambah daya tarik lingkungan pura ini.


Di Pura Pulaki yang teramat dijaga kesuciannya ini terdapat tempat yang tidak boleh sembarangan dimasuki bahkan oleh pemangku adat sekalipun. Tempat itu adalah pelinggih utama yang disebut dengan Utamaning Mandala. Demi menjaga kesuciannya,  tempat ini harus bebas dari cakar atau injakan kaki. Hanya pada acara atau upacara khusus saja misalnya upacara ngeteg linggih maka pelinggih utama tersebut boleh dimasuki.

Pura ini juga dipercaya merupakan warisan zaman prasejarah dilihat dari tata letak dan struktur pura yang identik dengan bentuk bangunan sarana pemujaan masyarakat prasejarah. Dugaan ini diperkuat dengan ditemukannya beberapa alat perkakas yang terbuat dari batu berbentuk batu picisan, kapak dan lainnya pada 1987.

Terletak di atas tebing yang menghadap langsung ke lautan lepas, pura ini jelas memiliki pemandangan memesona. Aura sakral sudah akan menyambut setiap pengunjung saat melangkah masuk ke dalam pura yang memiliki jaba tengah dan ornamennya terbuat dari batu berwarna hitam. Debur ombak di kejauhan sesekali terdengar dan menambah suasana tersendiri di pura ini.

Batuan lava berwarna hitam mendominasi  warna bangunan termasuk gerbang masuknya. Gerbang megah ini dibangun tahun 1983 dan diresmikan dengan melakukan upacara khusus.  
Pura Agung Pulaki berjarak sekira 132 km dari ibu kota Denpasar, melalui jalur Denpasar–Bedugul–Singaraja. Pura ini berada tepat di pinggir Jalan Raya Singaraja-Gilimanuk sehingga sangat mudah dicapai dengan berkendara. Seperti yang dilansir dari situs Indonesia.Travel.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1