Headlines News :
Home » , , » Candi Hindu "Cangkuang" Jadi Ikon Pariwisata di Garut

Candi Hindu "Cangkuang" Jadi Ikon Pariwisata di Garut

Written By Unknown on Friday, January 30, 2015 | 8:54 AM

GARUT, DUMAI - Candi Cangkuang menjadi bangunan yang menjadi ikon pariwisata Garut yang terletak di Kampung Pulo, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi Cangkuang adalah Candi pertama yang ditemukan di wilayah Jawa Barat serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda. 
Candi Cangkuang (simasaktitravel.com)
Seperti dilansir tempo.co, bangunan candi terdapat di dalamnya arca tahun 1800-an dengan posisi sedang bersila. Di depan kaki kiri terdapat kepala sapi atau nandi yang telinganya mengarah ke depan. Dengan adanya kepala nandi ini, para ahli menganggap bahwa ini adalah arca Siwa.

Kordinator Juru Pelihara Zaki Munawar menjelaskan, awal ditemukannya Candi Cangkuang tersebut. Selain itu Zaki menjelaskan candi tersebut sempat dilakukan pemugaran dengan puing-puing candi asli sekitar 40%.

Tempat wisata di kawasan tersebut beragam hingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Zaki menyebutkan setiap bulan sekitar 10 ribu orang mengunjungi Situ Cangkuang. Jumlah pengunjung yang cukup besar membuat konservasi kawasan Situ menjadi hal yang utama.
Candi Cangkuang (mondasiregar.com)
Kawasan Cagar budaya Cangkuang tersebut terdapat sebuah kampung yang diberi nama Kampung Pulo. Penduduk kampung itu merupakan turunan Embah Dalem Arief Muhammad seorang pemuka agama Islam yang dipercaya sebagai leluhur penduduk desa Cangkuang.

Menariknya, cagar budaya Cangkuang ini terletak di sebuah daratan di tengah danau kecil sehingga bagi para wisatawan yang ingin berkunjung kesana harus menyeberanginya dengan menggunakan rakit.
Share this post :

Post Comment

+ komentar + 1 komentar

Anonymous
February 14, 2015 at 3:32 PM

Candi Cangkuang, saya pernah ke sana nov 2014, banyak sekali pengunjung kesana, berada ditengah danau (setu), saat itu sedang ada perbaikan pedestrian, semoga tetap dijaga kelestariannya

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1