Headlines News :
Home » , , » Umat Hindu Jakarta Rayakan Hari Raya Saraswati di Pura Aditya Jaya Rawamangun

Umat Hindu Jakarta Rayakan Hari Raya Saraswati di Pura Aditya Jaya Rawamangun

Written By Unknown on Saturday, March 8, 2014 | 1:51 PM

Brahmacari Bargawa saat berikan Dharma Wacana di Pura Aditya Jaya 
Tepat hari Sabtu, 08 Maret 2014 umat Hindu merayakan Hari Raya Saraswati sebagai hari ilmu pengetahuan. Semua umat Hindu khususnya di Indonesia melakukan persembahyangan dan upacara yadnya sebagai rasa wujud bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Seperti di Pura Aditya Jaya Rawamangun, Jakarta Timur, umat Hindu sangat antusias untuk melakukan persembahyangan demi memperingati Hari Raya Saraswati. Pura Aditya Jaya dipenuhi oleh umat Hindu yang ingin menghaturkan yadnya.

Proses persembahyangan hanya dilakukan dua gelombang. Gelombang pertama, persembahyangan berjalan sangat khidmat dan hening. Para umat se Dharma sangat antusias, itu bisa dilihat dari umat yang menyesaki Utama Mandala dan Jaba Tengah. Di Jaba sisi pun umat sangat ramai sambil menunggu giliran untuk melakukan persembahyangan.

Umat Hindu menyimak Dharma Wacana
Begitu pula pada gelombang kedua, umat Hindu menggunakan kesempatannya untuk menghaturkan yadnya sebagai rasa sraddha dan bhakti di hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya pada manifestasi Tuhan sebagai Dewi Saraswati. Proses persembahyangan pun berjalan sangat hening dan lancar.

Di sela-sela pada saat pemercikan tirta, di isi dengan Dharma Wacana yang dibawakan oleh Brahmacari Pura Aditya Jaya Rawamangun. Beliau mengatakan bahwa umat Hindu sekarang mengalami kemajuan spiritual, karena ada kesadaran sebagai umat untuk menyempatkan waktu pergi ke Pura yang mana menjadi kewajiban sebagai umat beragama.

“ Hari raya Saraswati sebagai momen pencerahan secara skala dan niskala” tutur beliau.

Beliau menambahkan, hari raya Saraswati merupakan hari yang luarbiasa dan hari yang penuh pengetahuan tanpa pengetahuan manusia tidak dapat hidup.





Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1