Headlines News :
Home » , » Menteri Agama Buka Secara Resmi "Festival Bhagavad Gita II" di Denpasar

Menteri Agama Buka Secara Resmi "Festival Bhagavad Gita II" di Denpasar

Written By Unknown on Sunday, February 22, 2015 | 10:00 AM

DENPASAR, DUMAI - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, telah membuka secara resmi Festival Bhagavad Gita (FBG) II yang dilaksanakan di Denpasar Bali. Lukman Hakim mengapresiasi pelaksanaan FBG ini dan berharap dapat dijadikan momentum oleh generasi muda Hindu di Bali untuk lebih memahami kitab sucinya.
Menteri Agama Lukman Hakim S bersama tokoh-tokoh Hindu  (Facebook)
“Bhagavad Gita difestivalkan agar intisari dari ajaran kitab Suci itu tetap bisa berada dalam diri kita, agar anak muda kita tetap bisa mengenali esensi dari agama kita,” ujar Lukman Hakim saat memberikan sambutan pada Pembukaan Festival Bhagavad Gita II, Denpasar seperti dilansir Fanspage Facebook “Saya Cinta Hindu, Sabtu (21/02).

Dalam pembukaan FBG ini dihadiri Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widya, Kepala Dinas Kebudayaan yang mewakili Gubernur Bali, Perwakilan Konsulat Jenderal India, perwakilan Pangdam 9 Udayana, perwakilan Kapolda Bali, Kadin Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Pemprov Bali, Presiden World Hindu Parisada (WHP) Ida Pradita, Anggota DPD RI I Gde Pasek Suardika, Tokoh Agama dan Budaya Bali, serta ratusan peserta FBG II.

Menag menuturkan, Festival Bhagavad Gita penting sebagai bagian dari tanggung jawab umat Hindu, untuk menjaga agar nilai-nilai kitab sucinya bisa tetap lestari dan bisa menginspirasi serta memotivasi umat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Agama oleh bangsa ini adalah sesuatu yang begitu luar biasa, menduduki posisi yang amat sangat strategis. Agama tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan keseharian kita, termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat ini,” tutur Lukman Hakim.

Sedangkan, panitia dalam laporannya menyampaikan, Festival Bhagavad Gita II merupakan satu kesatuan dari Festival Bhagavad Gita yang kami beri nama revolusi Festival Bhagavad Gita di Nusantara. FGD I telah dilaksanakan pada 2014. Termasuk juga dalam kegiatan ini adalah pemecahan rekor MURI dan rekor dunia dalam bentuk membaca Bhagavad Gita terbanyak yang diikuti hampir 9000 peserta, membaca seluruh isi Bhagavad Gita 700 sloka.

FBG II ini mengambil tema “Vidvan Yuktah Samacaran” yang berarti Kaum cendekiawan, orang-orang bijak harus bekerja keras untuk kesejahteraan masyarakat. Tema ini diambil dengan tujuan menggugah anak-anak muda generasi muda untuk menumbuhkan kaum cendekiawan Hindu di Nusantara. FBG II diikuti lebih tidak kurang dari 450 peserta dari Bali dan berbagai daerah di nusantara.

Penerjemah Bhagavad Gita Praburaja Dharmayasa juga menyampaikan, antusiasme umat Hindu untuk memgikuti FBG ini sangat besar. Menurutnya, FBG I hanya mengundang 400 orang namun yang hadir lebih dari seribu. Sehubungan itu, Dharmayasa berharap penyelenggaraan ini dapat dilakukan secara lebih luas.

Prabhu Dharmayasa juga mengapresiasi kehadiran Menag. Menurutnya, kehadiran Menag telah memberi kesan tersendiri.

“Kalau Bapak Menteri memberi perhatian seperti ini, tentu ini menjadi sesuatu yang sangat penting,” kata Prabhu Dharmayasa.



Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1