Headlines News :
Home » » Umat Hindu di Bali Rayakan Hari Suci Siwaratri

Umat Hindu di Bali Rayakan Hari Suci Siwaratri

Written By Unknown on Tuesday, January 20, 2015 | 10:25 AM

DENPASAR, DUMAI - Umat Hindu di Bali merayakan Hari Suci Siwaratri, yaitu hari perenungan dan penyadaran diri, mulai Senin (19/1). Perayaan dipusatkan di pelataran Pura Besakih, Denpasar, tempat suci terbesar umat Hindu Bali di Pulau Dewata.
Ilustrasi (www.baliprov.go.id)
Pelaksanaan kegiatan ritual Siwaratri ini berlangsung di masing-masing Desa Pakraman (Adat) seluruh Bali yang jumlahnya 1.480 desa. Para siswa beragama Hindu juga melaksanakan perayaan di sekolah pada sore hari hingga malam.

Khusus pada perayaan hari Siwaratri ini, Pemprov Bali dan kabupaten/kota di Bali memberlakukan libur fakultatif untuk jajaran PNS di Pemda maupun siswa guna memudahkan umat dalam menunaikan ritual yang jatuh setiap 420 hari.

Menurut Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Bali, I Gusti Ngurah Sudiana, inti dari proses penyadaran dan instrospeksi diri ini ditandai dengan brata (pengendalian diri) seperti upawasa (tidak makan minum), monabrata (tidak berbicara), dan jagra (tidak tidur/perenungan) seperti dilansir  metrotvnews.com, Selasa (20/1).
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1