Headlines News :
Home » , » Pemuka Hindu Rajan Zed Desak Sekolah di Mississippi Tetapkan Hari Depawali sebagai Hari Libur

Pemuka Hindu Rajan Zed Desak Sekolah di Mississippi Tetapkan Hari Depawali sebagai Hari Libur

Written By Unknown on Monday, January 26, 2015 | 9:15 AM

MISSISSIPPI, DUMAI – Pemuka Hindu mendesak sekolah negeri maupun swasta di Mississippi, yang memiliki sejumlah besar mahasiswa Hindu untuk memasukkan hari raya Depawali sebagai hari libur sekolah di kalender sekolah 2015-2016 dan seterusnya.
Pemuka Hindu di Amerika Serikat, Rajan Zed (sgtalk.org)
Pemuka Hindu Rajan Zed dalam sebuah pernyataan di Nevada, Amerika Serikat, Minggu (25/1) mengatakan, hal itu tidak adil terhadap murid Hindu dan keluarga mereka karena mereka harus menghadiri sekolah pada festival yang paling populer (hari raya agama lain).

Zed, yang merupakan Presiden Universal Society of Hindu menjelaskan, libur dari semua agama besar harus dihormati dan tidak ada yang harus dihukum karena melaksanakan agama mereka. Selain itu,  penting untuk memenuhi kebutuhan religius dan spiritual untuk siswa.

Rajan Zed menekankan, karena itu penting bagi keluarga Hindu untuk merayakan hari Depawali bersama di rumah dengan anak-anak mereka.

“Kami tidak ingin anak-anak kita akan kehilangan hak istimewa (merayakan hari raya) di sekolah sehingga mengakibatkan absen (bolos). Penutupan sekolah (libur) untuk hari raya Depawali akan memastikan bahwa itu akan menjadi langkah ke arah yang benar,” ujar Zed seperti dilansir wjtv.com , Senin (26/1).

Zed menuturkan, kesadaran tentang agama-agama lain sehingga tercipta hari libur seperti hari raya Depawali akan membuat murid Mississippi baik (toleransi).

Rajan Zed lebih lanjut mengatakan, Hindu kaya akan festival (hari raya dan upacara agama) dan festival keagamaan  sangat sakral dan suci bagi umat Hindu. Depawali merupakan festival lampu, bertujuan mengusir kegelapan dan menerangi kehidupan serta melambangkan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Selain Hindu, Sikh dan Jain dan beberapa umat Buddha juga merayakan Depawali, yang jatuh pada 11 November tahun 2015 akan datang. Agama Hindu, agama tertua dan terbesar ketiga di dunia, memiliki sekitar satu milyar umat  di seluruh dunia. Dari satu milyar umat Hindu tersebut, ada sekitar tiga juta umat Hindu di Amerika Serikat. 
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1