Headlines News :
Home » , » Umat Hindu di Sidoarjo Kini Punya Pendande Jawa Asli

Umat Hindu di Sidoarjo Kini Punya Pendande Jawa Asli

Written By Unknown on Saturday, November 8, 2014 | 7:58 AM

SURABAYA, DUMAI - Umat hindu Sidoarjo hari ini Jumat (7/11) mengukuhkan pedande baru di Pura Agung Margo Weneng Palong Garut, Krembung Sidoarjo.

Ilustrasi (santhiserad.com)
I Wayan Dendra satu diantara umat hindu Sidoarjo menjelaskan pempinan upacara keagamanan umat hindu Sidoarjo kali ini adalah orang Jawa Asli.


"Betul, Mangku Rusdianto ini adalah orang asli Jawa yang memang belajar tentang agama Hindu. Untuk menjadi pedande kan yang paling penting adalah mengerti, mau dan mampu menjadi pimpinan," kata Wayan Dendra seperti dikutip Suarasurabaya.net, Sabtu (8/11).


Upacara pengukuhan sendiri, sudah dilakukan sejak pukul 05.00 WIB. Begitu dikukuhkan nama Mangku Rusdianto, berubah menjadi Romo Pandito Eko Dwijo Putro Keniten. 


"Mangku Rusdianto memang bukan keturunan orang Bali, dan bukan keturunan pendande sebelumnya. Tapi beliau adalah putra dari tokoh umat Hindu di Sidoarjo yang lama belajar agama Hindu di Bali, hari inilah beliau dikukuhkan," tambahnya.

Dengan dikukuhkannya Romo Pandito Eko Dwijo Kaniten sebagai pedande, saat ini umat hindu Sidoarjo punya pimpinan agama/ pimpinan upacara baru yang melingkupi wilayah Sidoarjo dan sebagian Surabaya.


Selain umat hindu, hadir juga Bupati Syaiful Illah Bupati Sidoarjo dalam pengukuhan pedande di Pura Agung Margo Weneng Palong Garut, Krembung Sidoarjo.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1