Headlines News :
Home » , » Hari Anti Korupsi Se Dunia

Hari Anti Korupsi Se Dunia

Written By Unknown on Monday, December 9, 2013 | 10:22 AM

riuisme.blogspot.com

Hari ini tanggal 9 Desember 2009 merupakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Media cetak elektronik dan cetak pun ramai membuat berita tentang Hari Anti Korupsi Sedunia. Korupsi sebenarnya bukan barang baru di negeri ini, korupsi bahkan bisa dibilang penyakit menahun yang diderita bangsa ini dan belum kunjung sembuh juga.

Menurut sejarah pada tanggal 09 Desember 2003 , Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan sebuah Konvensi Anti Korupsi (United Nation Conventions Againts Coruption) di Kota Merida Meksiko. Konvensi ini dimaksudkan untuk memerangi tindakan korupsi yang dianggap sudah “merajalela” di dunia. Konvensi ini menghasilkan sebuah deklarasi yang dijadikan sebagai sebuah ikrar bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia, untuk memerangi, memberantas dan mencegah korupsi. Sejak pertemuan itulah tanggal 09 Desember ditetapkan sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia.


Konvensi anti korupsi ini lahir dari sebuah keprihatinan bangsa-bangsa dunia atas ancaman serius yang ditimbulkan korupsi. Saat ini isu kejahatan “terorisme” mungkin isu paling sering diperbincangkan. Namun korupsi ternyata dapat lebih kejam daripada terorisme.

Budaya korupsi yang sekarang sedang terjadi di Indonesia adalah penyakit “Kronis” yang sepertinya semakin sulit untuk disembuhkan. Krisis moral (Morality Crisis) dan krisis spiritual (Spiritual crisis) merupakan penyebab semakin tumbuh suburnya budaya korupsi di Indonesia.  Budaya ini berbentuk dalam ide (gagasan),  perilaku (tindakan) dan produk (kebijakan) yang semua mengarah kepada semakin mulus dan suburnya budaya korupsi.

Tanggal 9 Desember yang merupakan hari anti korupsi sedunia mudah-mudahan dapat menjadi momen bagi kita untuk bersama-sama melawan korupsi. Korupsi ini sudah membudaya dan sebuah budaya akan hilang bila penganutnya meninggalkan budaya tersebut. Budaya korupsi ini kita yang menentukan apakah akan tetap ada atau kita hancurkan bersama-sama. Pemberantasan korupsi bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja, namun kita semua memiliki peran penting terutama dalam langkah mencegah terjadinya korupsi dengan upaya menghasilkan generasi bebas dari korupsi. (WPW)
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1