Headlines News :
Home » » Dasar dari Candi Tua Ditemukan di Pura Gelang Agung

Dasar dari Candi Tua Ditemukan di Pura Gelang Agung

Written By Unknown on Monday, February 2, 2015 | 9:49 AM

DENPASAR, DUMAI – Masyarakat di Banjar Buangga, Desa Getasan, Petang, melakukan perbaikan tembok penyengker Pura Gelang Agung di awal tahun 90-an. Pada saat itu ditemukan potongan batu padas yang ternyata merupakan potongan dasar sebuah candi. Tahun 2015 ini akan dimulai penggalian.
Ilustrasi (kabardunia.com)
“Saya diberitahu bahwa batu padas tersebut adalah bagian dari sebuah dasar candi yang ada di bawah pura Gelang Agung,” ujar Kelian Adat Banjar Buangga, I Made Cawi seperti dikutip bali.tribunnews.com, Senin (2/2).

Made Cawi bersama dengan beberapa warga lainnya saat pertama melakukan penggalian untuk membangun tembok penyengker juga menemukan beberapa buah arca yang berada di semak-semak seperti, arca Wisnu, arca Ganesha dan lingga.

“Arca itu kami temukan begitu saja di dalam semak, lanjutan penemuan batu padas saat menggali tanah. Saya laporkan ke Kecamatan dan sempat ditegur karena puluhan potongan batu padas yang ditemukan kami pergunakan untuk dasar tembok,” tuturnya.

Kelian Dinas Banjar Buangga I Wayan Sunarta mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengupayakan mengajukan Pura Gelang Agung sebagai cagar budaya. “Kami sedang upayakan untuk masuk sebagai cagar budaya dan sedang diurus di Dinas Kebudayaan Pemkab Badung,” jelasnya.

Sebelumnya, Balai Arkeologi Denpasar telah tiga kali melakukan penggalian di Pura Gelang Agung sekitar tahun 1995, tahun 2013 dan tahun 2014. Dalam penggalian tahun 2013, tim arkeologi menemukan beberapa potongan gerabah serta ratusan uang kepeng. “Rencananya tahun 2015 akan dilakukan penggalian lagi, tapi waktunya saya belum tahu,” ucap Cawi.


Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1