Headlines News :
Home » , » Ribuan Orang Hadir dalam Upacara Pentahbisan Kuil Hindu Berusia 120 tahun di Singapura

Ribuan Orang Hadir dalam Upacara Pentahbisan Kuil Hindu Berusia 120 tahun di Singapura

Written By Unknown on Tuesday, January 27, 2015 | 11:06 AM

SINGAPURA, DUMAI - Sebuah kuil Hindu yang berusia 120 tahun di Singapura mengadakan upacara pentahbisan pada Senin pagi (26/1). Upacara ini telah mengeluarkan dana sebesar S$ 4.000.000, termasuk pekerjaan renovasi untuk menambah dapur otomatis di kuil.
Upacara saat berlangsung di Kuil Sri Senpaga Vinayagar terletak di sepanjang Jalan Ceylon, Singapura (www.channelnewsasia.com)
Sekitar 10.000 pengunjung dan anggota masyarakat, termasuk mantan presiden SR Nathan dan Menteri Senior Emeritus Goh Chok Tong, menghadiri upacara di kuil Sri Senpaga Vinayagar yang terletak di sepanjang Jalan Ceylon. Ritual ini dilakukan setiap 12 tahun dan melambangkan peremajaan (renovasi) candi.

Menteri Luar Negeri dan Hukum Singapura, K. Shanmugam yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, kuil Sri Senpaga Vinayagar yang diakui sebagai monumen nasional  merupakan pencerminan keharmonisan ras dan agama di Singapura.

"Ini adalah sebuah kuil yang sangat bersejarah yang dibangun dan dipertahankan oleh Ceylon Tamil, tetapi juga terbuka untuk seluruh masyarakat," ujar K. Shanmugam seperti dilansir channelnewsasia.com , Selasa (27/1).

Kuil Sri Senpaga Vinayagar 
"Bukan hanya umat Hindu, tapi banyak orang lain juga datang ke sini untuk berdoa. Mereka percaya itu. Dan itu benar-benar menggambarkan jenis keharmonisan ras kita miliki di sini," imbuhnya.

Sedangkan, menurut Menteri Tenaga Kerja Singapura, Tan Chuan-Jin menuturkan pendapatnya. “Hanya dengan mengambil bagian (dalam upacara ini) dan mengunjungi, ada baiknya kita juga lebih memahami diri sendiri (introsfeksi), saya telah di sini beberapa kali di kuil untuk upacara pentahbisan. Ini adalah pertama kalinya saya benar-benar tercerahkan, "

"Kita sedang bergerak sangat cepat sebagai masyarakat tetapi kita harus kembali pada budaya sendiri. Dan budaya kita, warisan agama sangat banyak bagian dari sejarah kita dan membuat kita semakin menjadi orang Singapura asli (nasionalisme)," tambah Tan Chuan-Jin.

Berikut video upacaranya:





Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1