Headlines News :
Home » » Walikota Makassar Resmikan Gedong Suci di Pura Girinatha

Walikota Makassar Resmikan Gedong Suci di Pura Girinatha

Written By Unknown on Tuesday, December 9, 2014 | 9:58 AM

MAKASSAR, DUMAI – Ribuan umat Hindu kota Makassar memadati utama mandala, madya mandala dan nista mandala atau di sisi pelataran parkir untuk melaksanakan persembahyangan piodalan Purnama kapat di Pura Girinatha Makassar, Rabu (8/10) lalu.

Pura Girinatha Makassar (paduarsana.com)
Persembahyangan kali ini terasa istimewa mengingat banyak agenda umat yang dilaksanakan pada persembahyangan ini, seperti prosesi melaspas bagunan Gedong Suci yang berfunsi sebagai tempat menyimpan Arca dan sarana persembahyangan yang diresmikan oleh Walikota Makassar, Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto. Ketua Banjar kota Makassar, Drs. Dewa Nyoman Mahendra, MM, selaku pengelola otoritas Pura Girinatha menyampaikan selamat datang dan mengalungkan bunga kepada bapak Danny Pomanto sebagai nama sapaan yang akrab untuk Walikota sekaligus menjelaskan fungsi banjar dan sejarah Pura Girinatha Makassar.

Ketua Parisadha kota Makassar, I Nyoman Supartha, SE, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembangunan Gedong Suci yang akan diresmikan ini oleh bapak Danny Pomanto akan menjadi catatan sejarah perjalanan umat Hindu di kota Makassar. Peletakkan pertama pembangunan Pura Girinatha dilakukan oleh Walikota Makassar (Alm). H.M. Dg. Patompo pada tanggal 12 Oktober 1972, yang sangat dekat dengan umat Hindu. Fungsi pura selain sebagai tempat ibadah juga untuk kegiatan sosial dan pendidikan (pasraman) bagi anak-anak untuk belajar agama Hindu. Ketua Parisadha berharap bisa memperhatikan kebutuhan umat Hindu khususnya yang terkait dengan kegiatan pasraman dan pembinaan umat Hindu di kota Makassar.

Walikota Makassar Ir.H. Moh. Ramdhan Pomanto dalam sambutannya menyampaikan selamat melaksanakan persembahyangan purnama kapat kepada umat Hindu di kota Makassar. Malam ini menjadi malam yang sangat suci dan sakral bagi umat Hindu dimana seluruh umat Hindu di kota Makassar berkumpul di Pura Girinatha untuk melaksanakan puja bhakti kepada Hyang Widhi.

“Saya telah dua kali datang ke Pura Girinatha, dimana yang pertama saat kami memperkenalkan diri kepada umat Hindu untuk mencalonkan diri menjadi Walikota Makassar di bulan Agustus 2013. Saya bertemu dengan guru Spiritual Yoga (Acharyan Dada) dari Australia yang kebetulan berada di Pura Girinatha untuk mengajar Yoga kepada anak-anak sekolah minggu di pura ini. Banyak hal yang dapat kami petik dan diskusikan kepada Acharyam Dada, khususnya terkait dengan konsep warna Oranye sebagai simbol Sevanam. Dengan kehadiran kami yang kedua sekarang ini untuk meresmikan Gedong Suci Pura Girinatha, merupakan momentum bagi kami untuk memberikan pelayanan kepada umat Hindu dan bersilahturahmi dengan umat Hindu. Kota Makassar dari sekian kota terbesar di Indonesia kaya akan keberagaman beragama menjadi hal uang utama dalam menuju masyarakat yang damai dan sejahtera. Tanpa kedamaian, tanpa kerukunan kita tidak akan bisa membangun kota Makassar, “ ujar Walikota seperti dilansir Media Hindu, Selasa (9/12).


Walikota mengajak umat Hindu untuk bersama-sama menjaga kedamaian dan menjadikan Pura Girinatha ini selain merupakan tempat ibadah juga sebagai benteng moral bagi umat Hindu. Visi kota Makassar, menjadikan Makassar sebagai kota idaman dan Kota Dunia yang nyaman. Untuk itu, apapun yang menjadi kebutuhan umat Hindu demi lancarnya prosesi peribadatan, pemerintah kota Makassar akan mendukung penuh dan mempersiapkan segala kebutuhannya.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1