Headlines News :
Home » , » Demi Menjaga Bali, Mangku Pastika Beri Genta Untuk Para Pemimpin Agama Hindu

Demi Menjaga Bali, Mangku Pastika Beri Genta Untuk Para Pemimpin Agama Hindu

Written By Unknown on Monday, November 17, 2014 | 8:00 AM

DENPASAR, DUMAI – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika secara simbolik memberikan genta atau lonceng untuk ritual kepada 704 pemimpin agama Hindu yang tergabung dalam komunitas Bali Santhi di Bali demi menjaga provinsi Bali sebagai pulau yang memiliki vibrasi spiritual yang kuat.
 
Made Mangku Pastika saat menyerahkan genta kepada pemimpin agama Hindu di Bali
(Kompas.com)
“Keberadaan pandita, pinandita, pemangku sangatlah penting. Apalagi saat ini begitu banyak terjadi pergeseran paradigma sosial dan nilai agama dalam kehidupan masyarakat yang harus mendapatkan perhatian secara khusus,” kata Pastika di Denpasar seperti dilansir Kompas.com, Senin (17/11).

Menurut mantan Kapolda Bali ini juga menekankan, dalam menghadapi fenomena ini diperlukan upaya melaui spiritual dan analisis keilmuan yang dilakukan terhadap agama Hindu secara luas dan ditanamkan sejak dini kepada generasi muda.

Pastika mengaku mendukung upaya peningkatan kredibilitas para pemangku terutama melalui pembelajaran dan pemahaman terhadap agama, yang nantinya juga diharapkan mampu menularkan kepada umat, melalui tuntunan dan pembelajaran terkait pelaksanaan yadnya (upacara keagamaan) dengan benar.

“Karena pemangku (pemimpin agama Hindu) itu bukan pekerjaan profesi, melainkan tokoh agama yang harus memiliki banyak wawasan dan pengetahuan tentang agama,” tegasnya.


Genta atau lonceng yang diberikan merupakan sarana ritual persembahyangan umat Hindu. Pemberian genta ini untuk yang ketiga kalinya dan akan terus diberikan secara bertahap bagi pemimpin agama lainnya di seluruh Bali yang bertugas memimpin ritual keagamaan di berbagai pura.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1