Headlines News :
Home » , , » Australia Kembalikan 2 Patung Dewa Hindu ke India

Australia Kembalikan 2 Patung Dewa Hindu ke India

Written By Unknown on Sunday, September 7, 2014 | 11:32 AM

Arca Dewa Siwa (dkyogaku.com)
CANBERRA, DUMAI - Perdana Menteri (PM) Australia, Tony Abbott menyatakan mengembalikan dua patung Hindu yang dipamerkan di negaranya pada pemerintah India. Abbott menolak pernyataan yang menyebutkan Australia telah mencuri patung tersebut. Dua patung yaitu Dewa Shiva dan Ardhanariswara diterima PM India Narendra Modi pada Jumat (5/9) di Delhi.

Sebuah galeri seni di Australia memindahkan dua patung itu dari tempat pamerannya menyusul pemberitaan bahwa galeri tersebut bersekongkol dalam jual beli barang seni kuno secara ilegal. Dalam penyataannya kepada media, Abbott menyatakan pengembalian kedua patung itu merupakan itikad baik Australia dan ingin menjaga hubungan yang baik dengan India.

Galeri Nasional Australia mendapatkan patung Dewa Shiva dari penjual di New York melalui lelang seharga US$5 juta pada tahun 2008. Sedangkan patung dewa Ardhanariswara didapat dari sebuah galeri di New South Wales.


Kedua patung yang berbahan dari perunggu itu berasal dari tahun 900 dalam periode kerajaan Chola di kawasan Tamil Nadu sebelah selatan India, seperti dilansir Beritasatu.com, Minggu (7/9)
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1