Headlines News :
Home » , , » Perayaan Idul Fitri di Tengah Masyarakat Hindu Tengger

Perayaan Idul Fitri di Tengah Masyarakat Hindu Tengger

Written By Unknown on Thursday, July 31, 2014 | 3:37 PM

Kawasan Gunung Bromo (www.solopos.com)
PROBOLINGGO, DUMAI- Berbeda dengan suasana Lebaran di sejumlah daerah di Indonesia yang biasanya terdengar suara takbiran saling sahut menyahut, H-1 Lebaran 2014 di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, tidak sedikit pun terdengar suaran orang takbiran.

Maklum, desa yang terletak di Gunung Bromo dan penduduk aslinya adalah Suku Tengger ini mayoritas beragama Hindu. Meski demikian, bukan berarti tak ada Salat Id di kawasan Gunung Bromo. Inilah yang menjadi bukti toleransi antarumat beragama di sini begitu terasa.

“Kami siapkan sebuah mushala di jalur menuju kawah Bromo. Mushala itu khusus bagi umat muslim yang akan melaksanakan salat Id. Kami selalu mempersilakan umat agama lain untuk beribadah di tempat ini,” ujar seorang penduduk asli suku Tengger seperti dilansir Solopos.com, Kamis (31/7).


Menurutnya, pada hari libur Lebaran 2014 kali ini, jumlah pengunjung ke Gunung Bromo cukup banyak. Kebanyakan para pengunjung berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya. Oleh karena itu, guna memberikan rasa nyaman kepada pengunjung yang hendak beribadah sekaligus berwisata di Gunung Bromo, masyarakat asli gunung Bromo yakni suku Tengger menyediakan sebuah mushala.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1