Headlines News :
Home » » BMKG Peringatkan "Es Kutub Terus Mencair, Jakarta Terancam Tergenang"

BMKG Peringatkan "Es Kutub Terus Mencair, Jakarta Terancam Tergenang"

Written By Unknown on Saturday, May 3, 2014 | 12:57 PM

Pengendara sepeda menerobos banjir yang menggenangi jalan Jakarta
DUMAI- Sekretaris Jenderal World Meteorological Organization (WMO), Michel Jarraud, menyatakan 95 persen perubahan iklim terjadi karena aktivitas manusia.

"Oleh karena itu, diperlukan upaya mitigasi dan adaptasi," ujar Michael di kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika seperti dilansir Vivanews, Jakarta, Jumat, 2 Mei 2014.

Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana.

Menurut Michael, mitigasi sangat penting dilakukan untuk peningkatan suhu global di bawah 2 derajat celcius. "Oleh karena itu, beberapa negara harus mengambil langkah-langkah berani ke depan," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, hal yang harus diwaspadai oleh negara-negara kawasan adalah meningkatnya tingkat air laut, curah hujan, dan cuaca ekstrem. "Salah satu penyebabnya, dalam beberapa tahun ke depan akan terjadi peningkatan emisi gas rumah kaca," ungkap dia.

Setengah Jakarta tergenang
Sementara itu, Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, menyatakan, upaya untuk memperlambat proses mencairnya bongkahan es di Kutub Utara dan Selatan sangatlah penting. Diperlukan bantuan internasional untuk menurunkan emisi sebesar 20 hingga 40 persen.

Ia menjelaskan, jika permukaan air laut meningkat hingga satu meter, setengah dari wilayah Jakarta akan tergenang.

"Dan juga menenggelamkan banyak pulau-pulau kecil, dan meninggalkan ancaman untuk generasi yang akan datang," jelas dia.

Perubahan iklim, kata Andi, juga bisa mematikan beberapa spesies di laut karena suhu laut akan berubah, dan meningkatnya jumlah tingkat keasaman yang berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara dan polusi.

"Ketika turun hujan, air hujan menumpahkan keasaman tersebut ke laut, akibatnya spesies ikan tuna dan sarden tidak bisa hidup lagi," ungkap dia.

Seperti diketahui, dalam laporan IPCC baru-baru ini disebutkan bahwa Bumi semakin panas dengan laju kecepatan yang mengkhawatirkan. Gletser di tempat-tempat seperti bongkahan es di Kutub Utara dan Selatan mencair lebih cepat dari yang diperkirakan.

Tinggi permukaan air laut meningkat perlahan tapi pasti, dan akan naik ke tingkat yang berbahaya.

Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1