Headlines News :
Home » , , » Kepolisian RI Amankan Keselamatan Capres Pemilu 2014

Kepolisian RI Amankan Keselamatan Capres Pemilu 2014

Written By Unknown on Friday, April 4, 2014 | 8:03 AM

Ilustrasi (nasional.kompas.com)
DUMAI- Beberapa hari belakangan ini, ada isu menyebar ke publik bahwasanya para kandidat Capres yang telah mendeklarasikan diri untuk pemilu 2014 akan mendapatkan ancaman fisik dari oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Menanggapi hal itu, maka dengan cepat pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah melakukan operasi pengamanan para calon Presiden yang telah mendeklarasikan diri melalui partainya masing-masing. Hal itu dilakukan meski belum ada pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) siapa  saja bakal calon presiden yang akan bertarung dalam pemilihan presiden 9 Juli mendatang.

Kapolri Jenderal Sutarman memastikan pengamanan para calon presiden menjadi tanggung jawab penuh dari aparat kepolisian. Aparat kepolisian menurut Sutarman, akan menerapkan sistem pengamanan proporsional terhadap siapa pun, jika merasa terancam jiwanya, termasuk para elite partai politik di daerah. Sutarman menambahkan pengamanan proporsional telah diberlakukan atas capres yang telah mendeklarasikan diri, seperti Gubernur DKI Jakarta yang juga Capres PDI Perjuangan Joko Widodo,  Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto,  Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dan Capres Partai Hanura Wiranto.

Pada prinsipnya Polri mengamankan semua walaupun tentunya masih menunggu KPU, siapa calon presiden/wakil presiden setelah hasil pemilu legislatif 2014 mendatang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan agar Polri menjamin keselamatan para calon presiden peserta Pemilihan Umum 2014. Arahan ini disampaikan Presiden SBY terkait kabar yang menyebutkan bahwa salah seorang kandidat capres terancam keselamatannya.

Presiden tidak mengungkapkan siapa kandidat capres yang dimaksud. Namun  Presiden menuturkan bahwa suhu politik memang selalu memanas jelang Pemilu. Hal ini dinilai wajar selama pelaksanaan Pemilu tetap berjalan lancar. Rangkaian kampanye Pemilu terbuka sejak dibuka oleh KPU sampai saat ini berjalan tertib, lancar dan aman.

Kita berharap selama proses kampanye hingga sampai pemungutan suara pemilu 2014 dan keselamatan kandidat Capres 2014 yang menjaga keamanan bukan hanya Kapolri dengan aparat keamanan yang lain tetapi terlebih-lebih para elit, para juru kampanye, para pimpinan partai politik dan tentunya semua elemen masyarakat untuk betul-betul menjaga situasi kondusif sehingga sesuai dengan harapan bangsa dan negara Indonesia menuju pemilu yang jujur, adil dan aman terkendali.

Sumber : Klik Disini



Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1