Headlines News :
Home » , » Mencari Hening di Pantai Mengening (Bali)

Mencari Hening di Pantai Mengening (Bali)

Written By Unknown on Thursday, January 9, 2014 | 12:47 PM


wisatabaliasri.wordpress.com


BADUNG, DUMAI- Sepanjang pantai yang membentang dari pantai Kuta ke arah utara ke barat, begitu banyak ada pantai yang tak kalah menarik, dan eksotisnya dengan pantai Kuta. Misalnya ada pantai Seminyak, Brawa, Petitenget, Canggu dan pantai Mengening.  Pantai Mengening ini terletak di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung. Meski tidak berpasir putih, tapi batu-batu karang yang berada di sepanjang pantai ini sangat indah. Termasuk keindahan sunset, saat matahari mulai tenggelam sore hari di ujung barat pantai.  Disamping itu sepanjang jalan menuju ke pantai Mengening ini, kita akan disuguhi suasana dan pemandangan sejuk dari hamparan sawah-sawah yang sangat luas di kiri kanan jalan.


www.pantai.org


Menariknya lagi, di pantai Mengening berdiri sebuah Pura Dang Kahyangan, Pura Gede Luhur Batu Ngaus. Pura ini berada diatas batu karang, di tengah laut. Kini dihubungkan dengan jalan yang permanen menuju Pura. Sepintas kita lihat mirip dengan Pura Tanah Lot, Kediri, Tabanan. Pura yang terbuat dari bahan batu hitam ini, juga dikelilingi karang-karang yang indah, dengan deburan ombak putih yang juga menambah pesona pantai ini. Lahan parkir juga tersedia luas dengan pagar dari batu hitam, dihiasi deretan patung-patung diatasnya. Di sebelah utara parkir, juga berdiri megah sebuah wantilan.
Suluhbali.co
 Mencari pantai ini juga tidak begitu sulit. Bila kita dari arah Canggu ke barat, sesampainya di pertigaan jalan raya Munggu-Tanah Lot, terpampang plang penunjuk jalan menuju ke pantai Mengening serta Desa Cemagi. Kita tinggal belok ke selatan, dari jalan raya tersebut ke pantai  jaraknya sekitar 4 km. Setelah melewati desa, kita akan disambut suasana sejuk persawahan yang terhampar luas. Dengan segala aktifitas para petani yang lagi menggarap lahan sawahnya. . Nampak sawah-sawah disana sangat subur sekali, petani sepertinya tidak kekurangan air. Kemudian di ujung jalan dekat pantai, sudah berdiri beberapa villa.

dwikresnantaka.wordpress.com
 Tidak diketahui kenapa disebut pantai Mengening. Mungkin saja mengening dari kata ning dimaknai suci, hening, sepi, tenang. Sesuai dengan suasana pantai yang juga berdiri sebuah pura di tengah laut. Memberi  vibrasi kesucian, keheningan, ketenangan dan kedamaian. Tak salah karena kini menarik minta orang-orang untuk tinggal disana, di villa-villa sekitar pantai ini. Membayangkan sebelum ramai, sebelum berdiri bangunan dan beberapa villa. Tempat ini tentu sangat sepi, hening, tempat untuk menyepi (semedi) karena berada diujung selatan, dengan hamparan persawahan yang begitu luas sebelum mencapai pantai Mengening ini.  Meski kini pantai ini makin dikenal, makin ramai dikunjungi oleh warga lokal, wisatawan lokal maupun asing. Terutama sore hari, apalagi pas hari minggu atau hari-hari libur. Disamping indah, akses jalan menuju pantai ini juga sangat mudah dan dekat . Keheningan, kesucian pantai Mengening tetap masih terasa seperti dilansir suluhbali.co

Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1