Headlines News :
Home » , » Kemenyan, Obat Ampuh Lawan Kanker Ovarium

Kemenyan, Obat Ampuh Lawan Kanker Ovarium

Written By Unknown on Tuesday, December 24, 2013 | 11:59 AM

vivalife


Kemenyan bukan benda asing bagi masyarakat Indonesia. Kayu yang mengeluarkan wangi khas itu, biasa digunakan sebagai pelengkap sesajen atau sarana ibadah tertentu. Ternyata, fungsi kemenyan tak hanya terkait hal-hal mistik.

Para ilmuwan menyebutkan, kayu berbau aromatik itu juga dapat mengobati kanker ovarium. Dalam penelitian oleh Leceister University, ditemukan adanya senyawa kimia yang dapat membunuh sel tumor ganas terkandung dalam kemenyan.


Seperti diketahui, lazimnya kemenyan berasal dari genus Boswellia, pohon kecil yang banyak dijumpai di Oman, Yaman, dan Somalia. Pohon itu sudah lama diketahui memiliki khasiat anti-inflamasi dan biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Ilmuwan kemudian mengembangkan penelitian agar kayu yang mengeluarkan aroma wangi itu bisa menjadi salah satu obat untuk kanker. “Kemenyan telah digunakan oleh banyak orang tanpa ada efek samping,” ungkap para peneliti, seperti dikutip Daily Mail .

Selama ini, gejala awal kanker ovarium tidak terdeteksi. Ia baru diketahui saat memasuki stadium akhir. Saat itu, kondisi sudah membahayakan dan nyaris terlambat. Itulah mengapa kanker ovarium menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan.

Di Inggris, setiap tahunnya terdapat lebih dari tujuh ribu kasus kanker ovarium. Sekitar 4.300 wanita pengidap kanker itu meninggal dunia. Menurut perhitungan, rata-rata jumlah kematian yang diakibatkannya adalah 12 wanita per hari. Untuk mengantisipasinya, ilmuwan merumuskan pengobatan dari kemenyan.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1