Headlines News :
Home » , , » Tolak Reklamasi, Yayasan Satu Hati Ngrastiti Gelar Upacara "Matur Piuning" di Puncak Gunung Batur

Tolak Reklamasi, Yayasan Satu Hati Ngrastiti Gelar Upacara "Matur Piuning" di Puncak Gunung Batur

Written By Unknown on Wednesday, September 10, 2014 | 10:00 AM

Gunung Batur (bebasmenentukan.wordpress.com)
BANGLI, DUMAI – Aksi menolak reklamasi Teluk Benoa, Bali, terus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Kali ini, Yayasan Satu Hati Ngrastiti Bali, Selasa (9/9), menggelar upacara Matur Piuning di Puncak Gunung Batur.

Bertepatan dengan Purnama Sasih Katiga, mereka memohon Ista Dewata agar segala bentuk pembangunan yang tidak sesuai dengan konsep Tri Hita Karana tidak terlaksana.

Ketua Yayasan Satu Hati Ngrastiti Bali Nyoman Japa mengatakan, kegiatan matur piuning diikuti oleh rombongan warga dari Banjar Tabih Desa Buahan, Kedisan,dan Batur. Sebelum mendaki ke puncak Batur, rombongan melakukan matur piuning di Pura Jati.

Pendakian dilakukan mulai pukul 21.00 wita. Tepat pada pukul 24.00 wita, kegiatan matur piuning diisi dengan melatunkan Gayatri mantra. Teluk benoa menurutnya sebuah tempat samuan Ida Bhatara yang memiliki nilai magis.


“Kami secara sekala dan niskala menolak segala bentuk pembangunan yang tidak memperhatikan aspek spiritual,” ujarnya Japa seperti dilansir Balipost.com, Rabu (9/10). 
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1