Headlines News :
Home » , , , » Umat Hindu di Jepara Rayakan Galungan, Diminta Untuk Tidak Golput

Umat Hindu di Jepara Rayakan Galungan, Diminta Untuk Tidak Golput

Written By Unknown on Thursday, May 22, 2014 | 8:16 AM

Pura Giri Tungka (hindujepara.wordpress.com)
JEPARA, DUMAI- Meskipun menjadi kaum minoritas ditengah-tengah kaum mayoritas, umat Hindu di Kabupaten Jepara merayakan Hari Raya Galungan dengan khidmat, pada Rabu (21/05) kemarin seperti dilansir jaringnews.com. Bertempat di Pura Giri Tungka di Desa Plajan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara upacara berlangsung selama satu jam menjelang siang.

Mangku Sujianto yang memimpin jalannya upacara lewat Dharma Wacana menyampaikan,  momen Hari Raya Galungan dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik lagi. 

“Galungan tahun ini adalah wujud kemenangan dharma melawan adharman itu untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik,” ujar Sujianto.

Lebih lanjut Sujianto menyampaikan, Hari Raya Galungan yang jatuh setiap 210 hari atau enam bulan sekali harus dijadikan instrospeksi diri untuk menjadi manusia yang lebih baik. Terlebih pada saat ini menjelang pesta demokrasi pemilihan presiden. Umat hindu diminta untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak golput.

“Umat Hindu harus selalu konsisten dan tidak Golput,” tandas Sujianto.

Sementara itu, tokoh pemuda umat Hindu di Kabupaten Jepara Totok Hermanto menyampaikan, perayaan Galungan kali ini harus dijadikan bahan evaluasi diri. Ketika dharma melawan adharma, Totok menambahkan, dimaknainya sebagai kebenaran melawan kejahatan.


“Itu semua biar terjadi keharmonisan sesama manusia,” tandas Totok.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1