Headlines News :
Home » , , , , , , » Memaknai Hari Raya Galungan dan Kuningan Lebih Jernih

Memaknai Hari Raya Galungan dan Kuningan Lebih Jernih

Written By Unknown on Tuesday, May 20, 2014 | 12:32 PM

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan
DUMAI- Perayaan hari raya Galungan bagi Umat Hindu yang jatuh pada 21 Mei 2014 ini yang dilanjutkan dengan hari raya Kuningan pada 31 Mei 2014, merupakan perayaan spiritual sosial kemanusiaan umat Hindu Indonesia yang memiliki arti sebagai perayaan kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma ( ketidakbenaran).

Kata “Galungan” berasal dari bahasa Jawa Kuna yang artinya menang. Galungan juga sama artinya dengan dungulan, yang juga berarti menang. Karena itu di Jawa, wuku yang kesebelas disebut Wuku Galungan, sedangkan di Bali wuku yang kesebelas itu disebut Wuku Dungulan. Namanya berbeda, tapi artinya sama saja. Seperti halnya di Jawa dalam rincian pancawara ada sebutan Legi sementara di Bali disebut Umanis, yang artinya sama: manis.

Pelaksanaan Perayaan Galungan sendiri di Indonesia lebih di dasarkan pada kisah ketika Sri Dhanadi mangkat dan digantikan Raja Sri Jayakasunu pada tahun 1126 Saka, barulah Galungan dirayakan kembali, setelah sempat terlupakan kurang lebih selama 23 tahun.

Keterangan ini bisa dilihat pada lontar Sri Jayakasunu. Dalam lontar tersebut diceritakan bahwa Raja Sri Jayakasunu merasa heran mengapa raja dan pejabat-pejabat raja sebelumnya selalu berumur pendek. Untuk mengetahui penyebabnya, Raja Sri Jayakasunu mengadakan tapa brata dan samadhi di Bali yang terkenal dengan istilah Dewa Sraya — artinya mendekatkan diri pada Dewa.

Dewa Sraya itu dilakukan di Pura Dalem Puri, tak jauh dari Pura Besakih. Karena kesungguhannya melakukan tapa brata, Raja Sri Jayakasunu mendapatkan pawisik atau “bisikan religius” dari Dewi Durgha, sakti dari Dewa Siwa. Dalam pawisik itu Dewi Durgha menjelaskan kepada raja bahwa leluhurnya selalu berumur pendek karena tidak lagi merayakan Galungan. Karena itu Dewi Durgha meminta kepada Raja Sri Jayakasunu supaya kembali merayakan Galungan setiap Rabu Kliwon Dungulan sesuai dengan tradisi yang pernah berlaku. Di samping itu disarankan pula supaya seluruh umat Hindu memasang penjor pada hari Penampahan Galungan (sehari sebelum Galungan). Disebutkan pula, inti pokok perayaan hari Penampahan Galungan adalah melaksanakan byakala yaitu upacara yang bertujuan untuk melepaskan kekuatan negatif (Buta Kala) dari diri manusia dan lingkungannya. Semenjak Raja Sri Jayakasunu mendapatkan bisikan religius itu, Galungan dirayakan lagi dengan hikmat dan meriah oleh umat Hindu di Bali.

Secara filosofis makna Galungan adalah suatu upacara sakral yang memberikan kekuatan spiritual agar mampu membedakan mana dorongan hidup yang berasal dari adharma dan mana dari budhi atma yaitu berupa suara kebenaran (dharma) dalam diri manusia. Selain itu juga memberi kemampuan untuk membeda-bedakan kecendrungan keraksasaan (asura sampad) dan kecendrungan kedewaan (dewa sampad). Harus disadari bahwa hidup yang berbahagia atau ananda adalah hidup yang memiliki kemampuan untuk menguasai kecenderungan keraksasaan.

 Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan
(www.fotografer.net )
Galungan dan Kuningan hendaknyalah dilaksanakan dengan hati dan perasaan yang damai dan tentram. Kemenangan Dharma atas Adharma bermakna dalam konteks, kita hendaknya mampu instrospeksi diri siapa sesungguhnya jati diri kita, siapa kita dan untuk apa kita dilahirkan, bagaimana kita berperan dalam masyarakat untuk menciptakan kedamaian dan kesejahteraan serta berperan aktif dalam dinamika sosial di tengah – tengah masyarakat dan lingkungan kita. Hal ini hendaknya melalui proses pendakian spiritual menuju kesadaran diri yang sejati, seperti halnya hari Raya Galungan dan Kuningan, manusia bertahan dan tetap teguh dengan kesucian hati walau digoda oleh Sang Kala Tiga Wisesa, musuh dalam dirinya, di dalam upaya menegakkan dharma didalam dirinya maupun diluar dirinya. Sifat-sifat adharma (bhuta) didalam dirinya dan diluar dirinya disomya agar menjadi dharma (Dewa), sehingga dunia ini menjadi seimbang (jagadhita).

Dharma dan adharma, itu dua kenyataan yang berbeda (rwa bhineda) yang selalu ada didunia, ada dalam diri kita umat manusia, tapi hendaknyalah itu diseimbangkan sehingga evolusi didunia bisa berjalan. Kemenangan dharma atas adharma yang telah dirayakan setiap Galungan dan Kuningan hendaknyalah diserap dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Dharma tidaklah hanya diwacanakan tapi dilaksanakan, dalam kitab Sarasamuccaya (Sloka 43) disebutkan keutamaan dharma bagi orang yang melaksanakannya yaitu :

“Kuneng sang hyang dharma, mahas midering sahana, ndatan umaku sira, tan hanenakunira, tan sapa juga si lawanikang naha-nahan, tatan pahi lawan anak ning stri lanji, ikang tankinawruhan bapanya, rupaning tan hana umaku yanak, tan hana inakunya bapa, ri wetnyan durlaba ikang wenang mulahakena dharma kalinganika”.
Artinya:
Adapun dharma itu, menyelusup dan mengelilingi seluruh yang ada, tidak ada yang mengakui, pun tidak ada yang diakuinya, serta tidak ada yang menegur atau terikat dengan sesuatu apapun, tidak ada bedanya dengan anak seorang perempuan tuna susila, yang tidak dikenal siapa bapaknya, rupa-rupanya tidak ada yang mengakui anak akan dia, pun tidak ada yang diakui bapa olehnya, perumpamaan ini diambil sebab sesungguhnya sangat sukar untuk dapat mengetahui dan melaksanakan dharma itu.

Pilpres 2014
Disamping sebagai introfeksi diri dan mencapai kedamaian sekala niskala ( rohani jasmani), perayaan Galungan dan Kuningan tahun 2014 ini, juga moment yang sangat penting, mengingat Galungan dan Kuningan kali ini berdekatan dengan Pemilihan Presiden, bersinggungan dengan Dinamika pemilihan Legislatif serta yang tidak kalah penting, perayaan Galungan dan Kuningan tahun ini juga bersamaan dengan peringatan Reformasi Mei 1998.

Banyak hal sebenarnya yang dapat kita maknai dalam merayakan Galungan dan Kuningan tahun ini, tidak hanya berhenti pada perayaan ritual spiritual saja, tetapi hendaknya dirayakan juga dengan meningkatkan kepedulian kita kepada bangsa, Negara dan agama. Mengingat inti Galungan adalah menyatukan kekuatan rohani agar mendapat pikiran dan pendirian yang terang. Bersatunya rohani dan pikiran yang terang inilah wujud dharma dalam diri. Sedangkan segala kekacauan pikiran itu (byaparaning idep) adalah wujud adharma.
 
Ucapan Selamat Galungan dan Kuningan (madeandi.com)
Maka umat Hindu khususnya, dan bangsa Indonesia umumnya dituntut untuk ikut aktif dalam pesta demokrasi kita tahun ini dalam memilih presiden dan wakil presiden dengan pikiran yang jernih, tanpa adanya paksaan, iming – iming materi ( money politic), ancaman, sentiment suku, agama dan golongan, dan wujud – wujud adharma lainnya. Semua harus menentukan pilihan berdasarkan hati nurani, berlandaskan semangat dharma untuk Indonesia jauh lebih baik karena dipimpin oleh pemimpin yang berlandaskan dharma dan dipilih dengan semangat dharma. Hal ini merupakan kewajiban kita sebagai makluk hidup dan sebagai masyarakat yang beragama untuk menjalankan swadharma kita untuk bangsa, Negara dan agama.

Awignam Astu, dengan adanya kesadaran dharma dalam menentukan pilihan dalam pilpres tahun ini, bangsa Indonesia bisa lebih sejahtera lahir batin, lebih maju, kuat dan mandiri, serta NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila abadi selamanya menjadi pondasi dan pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara.

Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1