Headlines News :
Home » , , , » Ibu Berhijab Penjual Canang (Banten)

Ibu Berhijab Penjual Canang (Banten)

Written By Unknown on Tuesday, January 7, 2014 | 10:38 AM

Dalam upacara yadnya dalam agama Hindu pastilah ada terdapat beberapa sarana yang akan di haturkan. Baik itu upacara Dewa Yadnya, Manusa Yadnya, Pitra Yadnya, pasti ada banten dalam upacara yadnya tersebut. Banten dalam upacara agama Hindu sangat banyak jenisnya dan berbagai bentuk.

Canang adalah salah satu bagian dari banten, Canang ini merupakan bagian dari upacara yadnya yang sering umat Hindu lakukan dalam berbagai kegiatan upacara yadnya. Para ibu-ibu biasanya yang lebih lihai dan mahir salam membuat canang ini terkadang juga ada kaum pria yang bisa membuat canang ini.


Ada hal yang menarik mengenai pembuatan Canang ini yang biasanya di buat oleh umat Hindu tapi kali ini canang yang merupakan bagian banten dalam upacara agama Hindu di buat oleh umat Non Hindu. Sungguh fenomena yang jarang kita temui selama ini. Seperti gambar foto yang anda lihat pada artikel ini, ada seorang ibu-ibu yang menggunakan jilbab yang sedang asyik dalam membuat canang (banten). Ibu ini terlihat sudah mahir dalam membuat canang ini yang notabene sarana upacara keagamaan umat Hindu.

Memang tidak jelas lokasinya dimana (dapat foto ini grup facebook), tetapi kita bisa lihat ini lah keberagaman yang ada. Terlepas ini salah atau tidak, haram atau halal apa yang dilakukan oleh ibu ini. Mungkin karena tuntutan ekonomi untuk menyambung hidup ibu ini memilih profesi sebagai penjual canang (sarana upacara keagamaan Hindu). 

 Ini lah fenomena sosial yang kita lihat, yang sangat kita jarang temui di kehidupan sehari-hari. Artikel ini tidak bermaksud untuk menyudutkan pihak lain, diskriminasi, atau mendeskreditkan seseorang tapi hanya berbagi fenomena sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang di anggap unik dalam keberagaman yang ada. Salam Dumai (WPW)
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1