Headlines News :
Home » » Banjar di Bali Ini Mandiri, Semua Upakara Yadnya Diusahakan Buat Sendiri

Banjar di Bali Ini Mandiri, Semua Upakara Yadnya Diusahakan Buat Sendiri

Written By Unknown on Wednesday, June 10, 2015 | 11:01 AM

DENPASAR, DUMAI -- Banjar yang menerapkan upakara yadnya secara mandiri yakni Krama Banjar Semila Jati, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Bali, yang berjumlah 401 kepala keluarga (KK). Banjar ini bila melaksanakan karya atau upacara baik itu karya alit, jelih, dan karya agung berusaha semaksimal mungkin membuat seluruh sarana dan prasarana upacara dari tangan mereka sendiri.
Banjar Semila Jati (bali.tribunnews.com)
Warga banjar berasal dari berbagai daerah, bersama-sama mencari benang merah dalam meyadnya, tidak membawa dresta (aturan) dari tempat asalnya. Kepala Dusun, I Wayan Landep, menjelaskan pelaksanaan upacara adat di banjar suatu bentuk yadnya. Ia dan prajuru banjar sepakat selalu berusaha membuat peralatan upacara dan banten dari tangan sendiri atau tidak membeli.

“Masak penjor saja beli, lalu bagaimana dapat menghidupkan suasana mebanjaran di banjar. Kami warga banjar berusaha keras berkrama di banjar,” kata Landep saat ditemui di showroom motor miliknya, seperti dikutip bali.tribunnews.com  (10/6).

Untuk menyamakan persepsi dirinya dan beberapa krama banjar sempat mempelajari tata laksana upacara dan membuat banten di Yayasan Dharma Acharya, Lumintang Denpasar. Maksudnya untuk menyamakan persepsi dari berbagai aturan darikrama banjar yang heterogen tersebut.

“Jadi kami meyadnya di banjar harus melepas aturan yadnya yang ada di rumah masing-masing. Tapi memegang teguh sastra (esensi). Kalau mecogcag (berselisih paham ) di banjar, kerjaan tidak selesai-selesai jadinya,” terangnya.

Banten yang dibuat di banjar antara lain Banten Mralina Pelinggih, Banten Mendem Dasar, Nektegan Dasia, Ngingsah, Banten Ayaban Resi Gana, Ayaban Odalan dan Ayaban Pengenteg Linggih. Juga segala jenis keperluan lain seperti penjor, klakat, dekorasi, dan lain sebagainya. Bahkan, keperluan ayam panggang yang dihaturkan untuk banten, krama banjar memanggangnya di banjar.

Bahan-bahan pembuatan banten seperti janur, warga banjar tidak membeli. Namun dari sumbangan warga yang sehari-hari pedagang janur. Begitu juga nasi, lauk-pauk dan segala macam keperluan lainnya. Hal ini, bentuk kompensasi ketika warga membuat surat-surat perizinan seperti Izin mendirikan Bangunan (IMB), tidak dikenakan biaya.

Tapi jika ada upacara pujawali di banjar dan pura yang diamong banjar mereka wajib menyumbang seikhlasnya. Lebih jauh ia menjelaskan, pada acara Karya Agung September 2013 di pura banjar Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra datang ke banjar dan menyaksikan upacara hingga selesai sekitar 2,5 jam.

“Saya bangga sekali waktu itu, sebab Pak Wali mau berlama melihat upacara hingga selesai. Dan Pak wali mengatakan banjar kami ini banjar yang luar biasa, karena membuat banten sendiri,” jelas Landep dengan nada semangat.

Ni Putu Suartini koordinator ibu-ibu krama banjar menjelaskan, dalam pembuatan banten krama banjar mendapat giliran sesuai tempekan. Misalkan tempek 1 hari pertama dan tempek 2 hari kedua. Masing-masing tempekan berjumlah 75 orang ibu-ibu. Setiap hari saat bekerja krama banjar memiliki daftar banten apa yang harus diselesaikan.

Seluruh banten yang dibuat disimpan di bale banjar. Ia menambahkan sangat bangga bekerja dari nol hingga selesai, bahkan saat puncak acara sejumlah ibu-ibu krama banjar menangis terharu. Pujawali di Pura Ratu Gede Penyarikan jatuh pada Tumpek Wayang (enam bulan sekali), di Pura Semila Sari pada Purnama Sasih Yesta (setahun sekali) dan di Pura TK pada hari raya Saraswati.




Share this post :

Post Comment

+ komentar + 4 komentar

October 5, 2017 at 2:14 PM

Sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan..trimakasih gan.......

jangan lupa mampir di web saya ya......

- Jual Penirum Di Bali

- Agen Penirum Di Bali

- Distributor Penirum Di Bali

- Toko Penirum Di Bali

- Alamat Penirum Di Bali

December 1, 2017 at 3:39 AM

F4ns Bett1ng
B0l4, C4sin0, T4ngkaS, s4bun9 4yam dll.. dp50 wd50

February 26, 2018 at 7:40 AM

AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

October 5, 2018 at 2:49 AM


mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajoqq^^com...
segera di add black.berry pin 58CD292C.

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1