Headlines News :
Home » » Sambut Nyepi, Umat Hindu di Batam Gelar Upacara Melasti Hari Ini

Sambut Nyepi, Umat Hindu di Batam Gelar Upacara Melasti Hari Ini

Written By Unknown on Thursday, March 19, 2015 | 11:09 AM

BATAM, DUMAI – Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937 pada Sabtu (21/3) nanti, umat Hindu di Batam akan menyelenggarakan upacara Melasti di Sei-Ladi Batam, Kamis (19/3) sore. Setelah itu, akan dilanjutkan upacara Tawur Agung Kesanga (ngerupuk), Jumat (20/3) sekitar pukul 12.00 WIB. (Baca juga : Foto-Foto Upacara Melasti Umat Hindu di Malang dan Bali)

Ilustrasi (surabaya.tribunnews.com)
Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Kepulauan Riau I Wayan Jasmin mengungkapkan, perayaan nyepi dilaksanakan setahun sekali.

“Pada penanggalan ke satu sasih ke dasa atau sehari setelah tilem kesanga. Dilanjutkan persembahyangan bersama menghadap ke danau atau samudra,” ujar I Wayan Jasmin seperti dilansir Batampos.co.id, Rabu (18/3).

Ia menuturkan, upacara ini mengandung makna untuk membersihkan diri manusia dan alam semesta baik lahir maupun batin. Sedangkan upacara Taur Agung Kasanga, bermakna membersihkan dan mengembalikan keseimbangan Bhuana Agung (alam semesta beserta isinya) dan Bhuana Alit (diri manusia).

Setelah upacara taur agung, akan dilangsungkan acara pawai ogoh-ogoh yang bergerak mulai dari halaman Pura Agung Amertha Bhuana menuju persimpangan Perum Palm Beach dan kembali lagi ke Pura Agung Amertha Bhuana.

“Upacara Tawur Agung Kesanga termasuk dalam kelompok Upacara Bhuta Yadnya dan ogoh-ogoh adalah personifikasi dari mahluk Bhuta Kala yang memiliki sifat dan kecenderungan mengganggu umat manusia,” imbuhnya.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1