Headlines News :
Home » , » PHDI Bali: Buku Pedoman Upacara untuk Umat Terkendala Biaya Pencetakan

PHDI Bali: Buku Pedoman Upacara untuk Umat Terkendala Biaya Pencetakan

Written By Unknown on Wednesday, January 14, 2015 | 9:23 AM

DENPASAR, DUMAI - Beban Berat dari kegiatan upacara yang dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali, dipandang tidak terlepas dari minimnya pengetahuan soal upacara itu oleh umat. Maka perlu dan sangat mendesak, masyarakat harus terus diberikan pencerahan.
Gusti Ngurah Sudiana (skalanews.com)
Salah satunya dengan pembuatan buku-buku pegangan yang bisa dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan upacara. Sehingga dengan adanya buku-buku pegangan tersebut, bisa terhindar dari kegiatan upacara yang berlebih-lebihan.

“Kita di PHDI Bali sudah selesai membuat buku pegangan untuk berbagai bentuk upacara. Yang berisi standar-standar upacara seperti standar upacara ngenteg linggih, standar upacara piodalan, standar upacara ng-Rsi Gana dan sebagainya. Tetapi kita masih kendala biaya pencetakannya,” jelas Ketua PHDI Bali, I Gusti Ngurah Sudiana saat dialog dengan tema Apakah Upacara Agama Mempengaruhi Kemiskinan di Bali, Jumat (8/1) lalu di ruang pertemuan Bajrasandhi, Renon seperti dikutip suluhbali.co.

Ia pun terus terang mengatakan, anggaran sebesar Rp 500 juta untuk PHDI belum mencukupi kalau sampai digunakan untuk mencetak buku-buku yang diperlukan dalam mencerahkan masyarakat  atau umat mengenai upacara itu.

“Saya brharap anggaran untuk PHDI bisa ditingkatkan lagi dimasa-masa yang akan datang,” ujarnya.

Kemudian, Sudiana mempertanyakan dan mengetuk hati mereka-meraka yang selama ini sudah menikmati dan memperoleh keuntungan dari dunia pariwisata dan berusaha di Bali. Ia menuturkan, kalau Bali dengan budayanya, dan agama dan aktifitas upacara tersebut merupakan taksunya, merupakan aset Bali. Yang semua itu bersumber dari agama Hindu.  Pariwisata budaya Bali selama ini juga ada tak terlepas dari hal tersebut. 
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1