Headlines News :
Home » , , » Enam Candi Hindu Yang Paling Mengagumkan di Dunia

Enam Candi Hindu Yang Paling Mengagumkan di Dunia

Written By Unknown on Monday, September 22, 2014 | 9:24 AM

DUMAI - Candi merupakan bangunan bersejarah yang pada masa lalu difungsikan sebagai tempat pemujaan atau monumen. Yang disebut candi hanya kuil atau monumen yang dibangun pada peradaban Hindu-Buddha. Khusus untuk candi Hindu, biasanya memiliki bentuk yang khas, menjulang dengan ujung meruncing sesuai dengan bentuk gunung tempat tinggal para dewa pada mitologi Hindu. Bangunan-bangunan seperti ini tersebar di berbagai negara yang pernah menjadi daerah penyebaran agama Hindu.

Kebanyakan candi Hindu dibuat dengan detail yang mengagumkan. Didirikan pada posisi tertentu dan dihiasi berbagai ilustrasi yang bernilai seni tinggi. Berikut ini kami sajikan enam di antaranya yang direkomendasikan oleh Touropia. Salah satunya berada di Indonesia.

      1.     Khajuraho, India
Candi di Khajuraho (journeymart.com)
Candi di Khajuraho merupakan kompleks candi Hindu dan Jain yang populer karena relief dan arca-arca erotis di dalamnya. Sekitar 10 persen relief yang terpahat di bagian luar candi menggambarkan manusia yang sedang berhubungan seksual dalam berbagai posisi. Karena relief-relief tersebut, candi ini juga dikenal dengan nama kuil Kamasutra. Meskipun tidak ditemukan bukti kalau buku seni erotisme yang dikarang Vatsyayana tersebut berkaitan dengan candi ini.

      2.     Sri Ranganathaswamy, India
Sri Ranganathaswamy (blog.ixigo.com)
Thiruvarangam yang dikenal juga dengan nama Sri Ranganathaswamy berlokasi di Srirangam, Tiruchirapalli, Tamil Nadu, India. Candi ini didedikasikan untuk Ranganatha yang kala itu dipercaya sebagai titisan dewa Wisnu. Ranganathaswamy merupakan tempat pemujaan umat Hindu terbesar yang masih berfungsi sampai saat ini. Ranganathaswamy dipenuhi relief yang menggambarkan legenda-legenda populer dalam mitologi India. Salah satunya menceritakan Rama yang juga dianggap sebagai titisan Wisnu.

      3.     Virupaksha, India
Virupaksha (en.wikipedia.org)
Virupaksha didirikan di Hampi, distrik Bellary, India oleh Chalukyas pada abad 7. Candi ini merupakan kuil pemujaan untuk dewa Shiwa, disebut dengan nama Virupaksha, sesuai perannya sebagai pendamping Pampa, dewi yang memberkati sungai Tungabhadra. Setiap tahunnya di tempat ini diadakan festival untuk memperingati pernikahan Virupaksha dan Pampa.

      4.     Angkor Wat, Kamboja
Angkor Wat (kolatour.com)
Angkor Wat berarti kuil kota. Merupakan kompleks pemujaan yang didedikasikan untuk raja Suryawarman II dan berlokasi di kota Angkor, Kamboja. Tempat ini lebih tepat disebut sebagai kompleks candi. Didirikan pada abad 12, Angkor Wat awalnya digunakan sebagai tempat pemujaan bagi pemeluk agama Hindu, tetapi sekarang dijadikan sebagai kuil untuk umat Buddha.

      5.     Meenakshi Amman, India
Meenakshi Amman (en.wikipedia.org)
Meenakshi Amman terletak di India, tepatnya di bagian selatan sungai Vaigai, Madurai. Candi yang menjadi kebanggaan warga Tamil ini didedikasikan untuk dewi Parwati dan dewa Shiwa. Menurut legenda dibangun oleh dewa Indra saat dia sedang dalam pengasingan untuk menebus kesalahannya. Nama meenakshi diambil dari salah satu julukan untuk Parwati yang berarti mata ikan. Meenakshi Amman terdiri dari 27 tempat pemujaan dan 14 gapura. Diperkirakan di candi tersebut terdapat 33.000 pahatan.

      6.     Prambanan, Indonesia

Candi Prambanan (Merdeka.com)
 Prambanan yang terletak di Sleman, Yogyakarta merupakan salah satu kompleks candi Hindu termegah di Indonesia. Dulunya di kompleks tersebut terdapat 240 buah candi. Tapi sekarang hanya tersisa 18 buah. Yang paling menonjol adalah tiga candi utama yang didedikasikan untuk Trimurti, yaitu dewa Siwa, Wisnu, dan Brahma. Yang terbesar adalah candi Siwa, sesuai dengan isi prasasti siwaghra yang menyebut Siwa sebagai dewa tertinggi.


Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1