Headlines News :
Home » » Ratusan Bupati Korupsi di China, Mundur dan di Pecat

Ratusan Bupati Korupsi di China, Mundur dan di Pecat

Written By Unknown on Monday, December 30, 2013 | 7:31 AM

(Reuters/china daily)

CHINA, DUMAI- Sebanyak 512 bupati di Provinsi Hunan, China, dipecat atau mengundurkan diri setelah tertangkap tangan menerima suap dari 56 anggota  Kongres Rakyat (parlemen) setempat. Sebagai imbalan terima suap, para bupati harus membantu mereka supaya terpilih jadi anggota parlemen daerah.

Stasiun berita Channel News Asia, Sabtu 28 Desember 2013, mengabarkan para bupati ini memang memiliki kekuasaan untuk menunjuk perwakilan Kongres dari masing-masing kabupaten, walaupun proses tersebut tidak sepenuhnya bebas dan terbuka seperti dilansir vivanews, Senin (30/12).


Alhasil, sebanyak 56 anggota perwakilan Kongres Rakyat Hunan dipecat. Sebelumnya total anggota Kongres mencapai 763 orang. Menurut laporan media pemerintah, pemeriksaan awal menyebut anggota perwakilan Kongres menawarkan dana suap senilai 110 juta Yuan atau Rp222 miliar kepada para Bupati dan staf mereka.

"Penipuan ini melibatkan para pemangku kepentingan dalam jumlah besar dan uang yang mereka tawarkan juga tidak sedikit. Tidak heran kalau ini merupakan kasus yang serius dan memiliki dampak yang buruk," tulis kantor berita China, Xinhua.

Oleh sebab itu, lanjut Xinhua, ini merupakan tantangan yang berat bagi sistem Kongres Rakyat, Demokrasi Sosialis dan disiplin terhadap partai serta penegakkan hukum di China.

Xinhua turut menyebut mantan pemimpin Partai Hengyang, Tong Mingqian, sebagai sosok yang paling bertanggung jawab dalam aksi penyuapan saat pemilihan umum tersebut berlangsung.
Share this post :

Post Comment

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2015. Hindu Damai - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger
UA-51305274-1